Cari Blog Ini

Senin, 12 September 2016

Sawarna Banten


Berwisata ke pantai sawarna banten sebenarnya wisata yang sudah saya idam-idamkan 2 tahun belakangan..
Dulu mau nekat ke sana cuman berdua takut juga, soalnya selain belum pernah, juga rute nya belum kita kuasai..
Pucuk dicinta ulam tiba, club mobil toyota twincam kami akhirnya berencana untuk berwisata ke gugusan pantai di desa sawarna banten..
Rencana sih mau mengunjungi berbagai pantai yang ada di sana, seperti pantai karang hawu, pantai sawarna, pantai pulo manuk dan pantai bayah..

Berangkat dari kota Bandung hari jumat sekitar jam 10 malam, menempuh rute Bandung-Padalarang-Cianjur-Sukabumi-Pelabuhan ratu-Banten..
Hari sabtu Pukul 4 subuh akhirnya kami sampai di pantai karang hawu sukabumi..
Rehat sejenak setelah perjalanan panjang, kami beristirahat di warung pinggir pantai yang jam 4 pagi baru bersiap membuka warungnya..
Ada yang tidur dulu sebentar di bale-bale, ada yang ngopi, makan, ada juga yang minum kelapa muda :D
Karena kondisi masih belum fit setelah perjalanan yang melelahkan, jadi kami ga ada yang main-main ke pantai, ditambah suasana juga masih gelap gulita..
Cukup dengan mendengar deburan ombak di pantai karang hawu ini sudah memberikan ketenangan..
Oiya, untuk masuk ke pantai karang hawu dikenakan tarif 10 ribu per orang..

Setelah cukup beristirahat dan salat subuh, akhirnya kami melanjutkan perjalanan menuju pantai pulo manuk banten..
Sekitar pukul 7 pagi akhirnya kami sampai di pantai pulo manuk banten, tiket masuknya sebesar 7 ribu per orang..
Di pinggir pantai kami menggelar kain dan sarapan dulu dengan menu yang kami bawa dari rumah, ah nikmatnya..
Setelah makan ada yang foto-foto, ngobrol, ada juga yang bermain di pinggir pantai..
Pantai Pulo manuk ini cukup indah, walaupun ombaknya agak besar tapi relatif masih aman selama kita hanya bermain di bibir pantai nya saja..

Pantai Pulo Manuk Banten

Pantai Pulo Manuk Banten

Setelah puas bermain, perjalanan kami lanjutkan menuju hotel untuk check in dan melanjutkan istirahat yang sempat tertunda selama perjalanan..
Hotel yang kami pilih adalah hotel Swarna Inn..
Lokasi hotelnya berdekatan dengan pantai bayah banten, hanya berjarak sekitar 100 meter..
Hotelnya cukup recomended, dengan pelayanan yang menyenangkan dan fasilitas yang lumayan..
Ada ruang tamu, ruang makan, dan cafe..
Untuk fasilitas kamar ada AC, kulkas, TV, shower air hangat, dan fasilitas free wifi yang lumayan kenceng..
Rate aslinya sih sebesar 600 ribu per kamar/malam, tapi dikarenakan group kami memesan serentak untuk 10 kamar (kurang lebih 20 orang) jadinya kami mendapat diskon, jatuhnya jadi hanya sebesar 350 ribu per kamar/malam, lumayan banget kan?.. :D
Hotel Swarna Inn Banten

Setelah istirahat balas dendam (mengganti jadwal tidur yang terpakai selama perjalan malam) setelah bangun dan segar kembali, sekitar jam 4 sore kami bermain ke pantai bayah..
Ke pantai ini tidak dikenakan tiket masuk..
Pantai ini ternyata sepi banget, cuma kami yang bermain-main di sini..
Ombaknya masih relatif aman bagi anak-anak untuk berenang dan bermain..
Selain berenang, ada yang bermain bola dan bermain pasir..
Di penghujung sore kami melihat ada puluhan kerbau yang selesai digembalakan melewati pantai ini..
Wuihh unik banget.. :D
Pantai Bayah Banten

Pantai Bayah Banten

Pantai Bayah Banten
Puas bermain dan berfoto, kami balik ke hotel..
Besoknya, hari minggu pagi setelah breakfast yang disediakan oleh pihak hotel, kami bersiap untuk check out, rencana akan melanjutkan perjalanan menuju ke pantai sawarna..
Tidak disangka, ternyata penunjuk arah kami melakukan kesalahan, pantai sawarna nya malah kelewatan, oalahh..
Mau muter balik repot juga, soalnya jalannya lagi ada sistem buka tutup, karna lagi ada pembangunan jalan, waduhhh..
Terpaksa deh, kami melewatkan berwisata ke pantai sawarna, padahal dari awal pantai itu yang jadi tujuan kami :(
Tapi kami ga patah semangat, yang penting kami sudah mengunjungi pantai karang hawu, pantai pulo manuk dan pantai bayah yang memikat :)