Cari Blog Ini

Selasa, 01 April 2014

Pantai Santolo Garut



Hari kedua trip saya di Pamengpeuk Garut, saya berencana mengunjungi Pantai Santolo..
Yup, ini yang kami tunggu-tunggu, pantai yang sering digembar-gemborkan di acara-acara traveling tv lokal daerah kami, hehe..

Oiya, ga susah cari penginapan di daerah pamengpeuk ini, karena kebanyakan sang tuan rumah penginapan akan standby di depan penginapan dan menawarkan jasa kepada setiap wisatawan yang baru datang..
Setelah dapet penginapan dan istirahat malam yang nyenyak, pagi-pagi buta kami bergegas mengunjungi pantai santolo, ingin liat sunrise..
Melihat sunrise di pantai ini sungguh merupakan keindahan yang memanjakan mata..
Hamparan pasir putih yang memukau, air laut biru kehijauan dan ombak yang ngga terlalu besar cocok untuk berenang dan bermain air..

Setelah mengabadikan sunrise, dari bibir pantai kemudian kami naik perahu menyebrang menuju tebing yang membelah pantai santolo..
Tarif perahu hanya sebesar dua ribu rupiah untuk sekali menyebrang, murah meriah.. :D

Tiba di sisi pantai ini kami disajikan pemandangan yang unik, yaitu fenomena muara cilauteureun yang merupakan pertemuan antara muara sungai dan air laut..
Dinamakan cilauteureun karena pertemuan antara arus muara sungai dan arus air laut tersebut hanya menggenang, bagaikan kolam dangkal..
Cilauteureun dalam bahasa Indonesia artinya air laut yang berhenti..
Unik banget, ini fenomena yang membedakan pantai santolo dengan pantai-pantai yang lain..

pantai santolo, pagi-pagi masih sepi :D


jasa perahu nelayan murah meriah

Sunrise at Santolo Beach, memorable

Cilauteureun, pertemuan antara arus muara sungai dan arus air laut