Cari Blog Ini

Selasa, 29 April 2014

Situ Cileunca Pangalengan



Pertama kali saya tau objek wisata Situ Cileunca sebenernya ga sengaja, waktu itu baru pulang touring dari garut, pulang ke bandung lewat jalur pangalengan..

Abis itu terus saya searching-searching di internet, ternyata tempat ini udah lumayan terkenal, terutama untuk kegiatan arung jeram di sungainya..

Akhirnya, hari minggu kemaren saya maen kesana, seperti biasa ditemenin partner in crime saya..
Nyampe pagi jam 9, tempatnya masih sepi..

Saya ajak ngobrol si bapa yang lagi nongkrong, namanya mang utis yang ternyata adalah salah satu orang yang suka menyewakan jasa perahu,

Berikut point hasil wawancara saya dengan mang utis, gkgkgk

·    naik perahu keliling danau tarifnya per orang 20 ribu, tapi mesti nunggu kuota  nya penuh alias nunggu perahunya ngetem dulu

·    kecuali untuk rombongan atau perorangan yang mau carter satu perahu, tarifnya 75 ribu per perahu n dijamin langsung berangkat ga pake acara ngetem

·    ada 2 option untuk nyarter perahu, naik perahu motor keliling danau dianter sama tukang perahunya atau naik perahu ngedayung sendiri (ga diantar tukang perahunya)

·    tarif untuk kegiatan arung jeram di sungai 150 ribu per orang plus guide dan peralatannya

·    kalo kita cuman dateng berdua/bukan rombongan bisa juga ko kalo mau ikut arung jeram, tarifnya 600 ribu satu perahu plus guide nya 2 orang (itungannya jadi 300 rb per orang)


Karena kita cuman dateng berdua, jadi kita ga ikutan arung jeram, soalnya kurang seru kalo cuman berdua plus bayarnya jadi dua kali lipat, maybe next time kalo rame-rame, hehe

Kita akhirnya nyewa satu perahu aja buat keliling danau, ngedayung sendiri, biar romantiss :p

Kalo ngedayung sendiri terserah kita mau pake perahu berapa lama, asal minta aja no hp si mang nya, biar kalo ada apa-apa atau mungkin lagi di tengah danau udah ga sangggup ngayuh bisa melambai ke kamera, eh maksudnya langsung minta bantuan si mang nya buat jemput :D

Kalo kita sih pulang sendiri, ga pake acara dijemput, soalnya di tengah danau kita malah sempet makan siang dulu, becanda-becanda dulu, narsis-narsis dulu, gkgkgk
Oiya, di pinggir-pinggir danau selain banyak pohon bambu dan palawija yang ditanam penduduk, nyelip juga loh tanaman arbei liar,

Alhasil sambil ngayuh perahu kita bisa menepi ke pinggiran danau dan bisa petik buah arbei nya..

Buah Arbei itu dari segi rasa dan bentuk ampir mirip sih sama buah strawberry, tapi buah strawberry lebih manis dan lebih enak..
Ga kerasa kita ngayuh perahu udah 2 jam, tapi ternyata kita baru menjelajah setengah danau, fiuhh..

Akhirnya kita puter balik aja, soalnya tangan udah kerasa pegel dan di tengah danau ternyata anginnya lumayan kenceng jadi ngedayung nya mesti pake tenaga ekstra, plus matahari udah di atas kepala banget..

Walaupun tangan pegel plus kulit gosong, tapi tetep ini pengalaman travelling yang seru banget..

Soalnya seumur hidup baru kali ini kita ngedayung dan naik perahu sendiri, norak ya.. :D



pohon arbei liar

petik buah arbei dulu :D

buah arbei segarr






Museum Geologi Bandung



Namanya juga bibi teladan, mesti siap siaga kalo ponakan lagi pengen dianter maen kesana kemari :D
Contohnya kemaren, ponakan saya minta dianter jalan-jalan ke museum geologi..

Saya umur udah setuwir gini belom pernah lho masuk ke museum Geologi :D #malu-maluin
Jadi ya skalian ngasuh, skalian ikut maen sih sebenernya, skaligus nambah pengetahuan juga..


Ponakan saya ngajak jalan bukan sembarang jalan-jalan, tapi dalam rangka menuhin tugas sekolah dari gurunya..
Katanya sih dia lagi belajar bab tentang batu-batuan..

Ternyata di museum ini ga hanya melulu memamerkan segala jenis macem batu-batuan, tapi juga hal-hal yang berkaitan dengan batu-batuan, antara lain berbagai macam mineral dan fosil dari aneka makhluk hidup seperti fosil tumbuh-tumbuhan, fosil berbagai jenis satwa jaman purba dan fosil rangka manusia purba..

Tiket masuk museum murah aja, cuman tiga ribu perak
museum nya buka tiap hari, kecuali hari jumat dan tanggal merah/libur nasional..







display peralatan rumah tangga yang meleleh pasca meletusnya gunung merapi di yogya





Sabtu, 19 April 2014

Graha Tirta Siliwangi Waterpark

Akhir-akhir ini saya lagi seneng-senengnya menjajal berbagai kolam renang yang ada di Bandung..
Giliran kali ini kolam renang yang coba saya datengi adalah graha tirta siliwangi, letaknya di jalan lombok no 10..
Kolam renangnya berada dalam satu kawasan dengan hotel Graha Siliwangi..

Tarif masuk kolam renangnya 65 ribu per orang, padahal saya dateng pas hari kerja.. 
(kali ketiga saya masuk lagi ke tempat ini, tarifnya naik jadi 75 ribu :D)
Tapi emang fasilitasnya lumayan lengkap sih, ada waterparknya buat anak-anak dan dewasa, ada whirpoolnya, ada tempat sauna, ada area pasir putih, kolam dewasa nya juga luas banget, plus airnya anget..
Kalo mau santai-santai ada tempat duduk untuk berjemur dan kalo laper bisa pesen langsung makanan di cafĂ© yang ada di deket kolam.. 
Untuk makanan dan minuman di sini harganya terbilang 'lumayan'..
Saya pesan menu makanan nasi ayam goreng kremes komplit, harganya sekitar 43 ribu..  

Nyobain waterparknya, seru lho..
Ada 5 luncuran, yang satu buat balita, sisanya buat anak-anak dan dewasa..
Yang paling seru naik luncuran yang paling tinggi, ga usah pake ban tapi meluncurnya kuenceng..
Kalo udah cape maen luncuran, mendingan cobain kolam sensasi pijatan alias whirpool, atau cobain sauna nya, tapi kalo sauna kayanya lebih cocok kalo cuacanya lagi dingin.. :p

Untuk urusan kamar mandinya juga lumayan bersih, air buat bilasnya anget..
lupa bawa sabun atau shampoo?.. tenang, di tiap kamar mandinya disediakan sabun plus shampoo..
Untuk urusan fasilitas, ga bakalan kecewa lah, masa sih udah bayar mahal-mahal tapi fasilitasnya minim.. :D
Ada harga pasti ada mutu lah, hehe..



tempat istirahat

kolam renang dewasa

area pasir putih

Rabu, 02 April 2014

Pantai Rancabuaya Garut



Tibalah hari terakhir perjalanan kami menelusuri pantai di daerah pamengpeuk ini..
Tujuan kami yang terakhir yaitu Pantai Rancabuaya..
Untuk menuju pantai rancabuaya, jaraknya kurang lebih 30 km dari pantai santolo dengan lama perjalanan sekitar 1 jam..
Tiket masuk ke pantai ini hanya tujuh ribu rupiah..
Di kawasan yang menghadap ke pantai, banyak berjejer penginapan dan warung makan..

Tiba di bibir pantai nya, wuih air lautnya hijau muda, indah banget..
Ditambah dengan hamparan pasir putih dan himpunan batu karang..
Ombak nya tenang, cocok banget buat berenang..
Saya melihat banyak perahu nelayan yang baru pulang dari mencari ikan..
Katanya sih kawasan ini pernah dijadikan lokasi untuk pembuatan film perahu kertas..
Ga heran, karena pemandangan pantainya juga spektakuler menurut saya..





Selasa, 01 April 2014

Pantai Santolo Garut



Hari kedua trip saya di Pamengpeuk Garut, saya berencana mengunjungi Pantai Santolo..
Yup, ini yang kami tunggu-tunggu, pantai yang sering digembar-gemborkan di acara-acara traveling tv lokal daerah kami, hehe..

Oiya, ga susah cari penginapan di daerah pamengpeuk ini, karena kebanyakan sang tuan rumah penginapan akan standby di depan penginapan dan menawarkan jasa kepada setiap wisatawan yang baru datang..
Setelah dapet penginapan dan istirahat malam yang nyenyak, pagi-pagi buta kami bergegas mengunjungi pantai santolo, ingin liat sunrise..
Melihat sunrise di pantai ini sungguh merupakan keindahan yang memanjakan mata..
Hamparan pasir putih yang memukau, air laut biru kehijauan dan ombak yang ngga terlalu besar cocok untuk berenang dan bermain air..

Setelah mengabadikan sunrise, dari bibir pantai kemudian kami naik perahu menyebrang menuju tebing yang membelah pantai santolo..
Tarif perahu hanya sebesar dua ribu rupiah untuk sekali menyebrang, murah meriah.. :D

Tiba di sisi pantai ini kami disajikan pemandangan yang unik, yaitu fenomena muara cilauteureun yang merupakan pertemuan antara muara sungai dan air laut..
Dinamakan cilauteureun karena pertemuan antara arus muara sungai dan arus air laut tersebut hanya menggenang, bagaikan kolam dangkal..
Cilauteureun dalam bahasa Indonesia artinya air laut yang berhenti..
Unik banget, ini fenomena yang membedakan pantai santolo dengan pantai-pantai yang lain..

pantai santolo, pagi-pagi masih sepi :D


jasa perahu nelayan murah meriah

Sunrise at Santolo Beach, memorable

Cilauteureun, pertemuan antara arus muara sungai dan arus air laut